KONSULTASI

Konsultasi HKI atau konsultan Hak Kekayaan Intelektual  adalah orang yang memiliki kemampuan di bidang hak kekayaan intelektual  dan secara khusus memberikan jasa di bidang pengajuan dan pengurusan permohonan paten merek Desain industri serta bidang bidang kekayaan intelektual  lain nya dan terdaftar sebagai konsultan Hak kekayaan intelektual di direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual.  ( Pasal 1 butir 1 PP Nomor 2 Tahun 2005 rentang  konsultan hak kekayaan intelektual )

Pendaftaran Paten Merek Desain Industri  Melalui Konsultan HKI

Permohonan pendaftaran paten merek desain industri menurut undang undang dapat di lakukan sendiri oleh pemohon atau melalui kuasamya. Kuasa adalah konsultan hak kekuasaan intelektual bukan kepada pihak lainnya. (sesuai ketentuan undang undang: No.13 Tahun 2016 tentang paten, no 15 tahun 2001 tentang merek  no 31 tahun 2000 tentang desain industri)

Hak Dan Kewajiban  Konsultan HKI Menurut PP No 2 Tahun 2005 Tentang Konsultan Hak Kekayaan Intelektual

Pasal 8

  1. Konsultan hak kekayaan intelektual berhak untuk mewakili/mendampingi dan/atau membantu kepentingan pihak pengguna jasa untuk mengajukan dan mengurus permohonan di bidang hak kekayaan intelektual kepada Direktorat Jendral .
  2. Hak untuk mewakili mendampingi dan/atau membantu sebagaimana di maksud pada ayat (1) wajib di sertai surat kuasa.
  3. Konsultan hak kekayaan intelektual berhak memproleh imbalan atas jasa yang di berikan kepada pengguna jasa.
  4. Konsultan hak kekayaan intelektual berkewajiban:
    1. Mentaaati peraturan perundang undangan di bidang hak kekayaan intelektual dan ketentuan hukum lainnya
    2. Melindungi kepentingan pengguna jasa dengan menjaga kerahasiaan informasi yang berkaitan dengan permohonan Hak kekayaan intelektual yang di dikuasakan kepada dan.
    3. Memberikan pelayaan konsultasi dan sosialisasi di bidang Hak Kekayaan intelektual termasuk cara permohonan pengajuan di bidang hak kekayaan intelektual
  5. Pemberiaan pelayaan dan sosialisai sebagaimana di maksud pada ayat (4) huruf C diberikan secara Cuma Cuma kepada pihak pengguna jasa tidak mampu.

Pubikasi Tentang Jasa Konsultan HKI (Kode Etik Profesi Konsultan Intelektual Indonesia)

  1. Publikas tentang jasa konsultan HKI tidak dibenarkan memuat informasi yang tidak benar, menyesatkan,mendiskreditkan konsultan HKI lain memuat unsur- unsur yang dapat menimbulkan pengaruh buruk terhadap citra dan martabat profesi konsultan HKI.
  2. Konsultan HKI tidak dibenarkan untuk menyatakan baik secara lansung maupun tidak lansung, bahwa konsultan HKI yang bersangkutan , mempunyai pengaruh dan/atau mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi pegawai instansi pemerintah terkait.

Pastikan

Jasa pendaftaran merek paten hak cipta, desain industry,serta layanan pengurusan HKI lainmya pada konsultan HKI terdaftar agar mendapat perlindungan yang benar benar optimal.